Asesmen Jarak Jauh di Lembaga Sertifikasi Profesi
Asesmen Jarak Jauh merupakan program dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diberikan untuk memfasilitasi peserta sertifikasi dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk mendapatkan lisensi jarak jauh, LSP harus memuhi prosedur yang dipersyaratkan oleh BNSP agar mendapatkan lisensi untuk dapat melakukan Asesmen Jarak Jauh sesuai dengan persyaratan dan prosedur dari BNSP. Beberapa prosedur yang harus dipenuhi untuk mendapatkan lisensi Asesmen Jarak Jauh antara lain : Metode Asesmen, Tempat Uji Kompetensi bagi Asesor, Asesi, maupun admin. serta peralatan yang dibutuhkan untuk memastikan proses Asesmen Jarak Jauh yang dilakukan tetap sesuai prinsip Asesmen yaitu Valid, Asli, Terkini, dan Memadai. Dalam pelaksanaannya Asesmen Jarak Jauh juga memiliki tantangan tersendiri seperti keamanan data, koneksi internet, serta integritas asesmen yang harus selalu dijaga penuh oleh Lembaga Sertifikasi.
setelah proses yang telah dilakukan dan witness yang dihadiri langsung oleh BNSP, LSP Retail Indonesia akhirnya mendapatkan lisensi untuk dapat melaksanakan Asesmen Jarak Jauh dan penggunaan paperless dari BNSP Nomor kep.1471/BNSP/VI/2024 Tentang Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Jarak Jauh dan Penggunaan Nirkertas (Paperless) Lembaga Sertifikasi Profesi Retail Indonesia. Skema sertifikasi yang telah mendapatkan lisensi untuk penggunaanAJJ antara lain:
- Pemasaran online (Digital Marketing)
- Menjual Produk dan Layanan Kepada Pelanggan
- Staf Pelayanan (Customer Service Officer)
Dengan terbitnya SK AJJ ini tentunya memberikan kabar baik, serta menjadi trigger serta motivasi bagi kami untuk melakukan Digital Transformation di dunia sertifikasi dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia yang kompeten.
Maju terus SDM Indonesia. Ayo ikut Asesmen Jarak Jauh Bersama LSP Retail Indonesia!
Tinggalkan Balasan